10 Keterampilan SEO Tingkat Lanjut Untuk Meningkatkan Karir Anda

Keterampilan SEO Tingkat Lanjut
Keterampilan SEO Tingkat Lanjut

Banyak dari kita mencapai tahap dalam karir kita sebagai profesional SEO di mana kita merasa sedikit stagnan.

Saya telah mengoptimalkan situs anda untuk sementara waktu dan merasa cukup yakin bahwa saya dapat melakukannya dengan baik. tetapi ada pemikiran yang mengganggu bahwa ada lebih banyak hal yang dapat saya lakukan.

Read More

Bahwa ada lapisan keahlian lain yang akan membuat kita lebih efisien, dapat dipekerjakan, dan percaya diri. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 10 keterampilan yang dapat meningkatkan kompetensi SEO Anda.

Ini belum tentu keterampilan penting untuk semua pakar SEO (Anda akan menemukannya di sini ).

Tetapi mengembangkan keterampilan SEO tingkat lanjut ini dapat membantu Anda masuk lebih dalam ke dalam spesialisasi Anda, menjadi pemasar yang lebih berpengetahuan luas, dan memberi Anda gaji baru atau tarif freelance juga.

1. Intent Analysis

Intent Analysis adalah decoding niat pengguna di balik kata kunci yang mereka masukkan ke mesin pencari. Ketika seseorang mengetik [restoran pizza] ke mesin pencari, apa hasil akhir yang mereka harapkan?
Apakah mereka ingin tahu restoran pizza apa yang ada di sekitar?
Apakah mereka di pasar untuk membuka restoran pizza?
Apakah mereka mencari pekerjaan di restoran pizza?

Mengembangkan pemahaman Anda tentang psikologi di balik apa yang diinginkan pencari adalah keterampilan penting bagi mereka yang ingin melangkah lebih jauh dalam kompetensi SEO mereka.

Ini akan membantu Anda berdua memenuhi kebutuhan pengguna ketika mereka membuka halaman dan juga meningkatkan kemungkinan peringkat halaman Anda dalam pencarian mereka.

Namun, tidak hanya berhenti di situ. Anda juga harus memahami apa yang diinginkan oleh mesin pencari dari konten yang mereka cari.

Misalnya, dari lokasi saya di Pekanbaru, jika saya menelusuri [restoran pizza] di Google dari perangkat desktop saya, saya mendapatkan hasil yang beragam.

Saya mendapatkan opsi untuk mengklik untuk mencari di situs web lain:

Pencarian Kata Kunci Restoran Pizza
Pencarian Kata Kunci Restoran Pizza, Diakses Via Google tanggal 30 Januari 2022

Ini diikuti oleh Maps dan kemudian campuran situs ulasan dan editorial dan situs web restoran.

Jika saya mencoba memberi peringkat situs web tentang sejarah restoran pizza di daerah saya, saya mungkin kesulitan.

Google telah mengidentifikasi maksud pengguna sebagai navigasi – ingin pergi ke restoran lokal – atau secara komparatif, seperti ingin membandingkan opsi di area lokal.

2. Coding

Tidak diragukan lagi bahwa memahami HTML, CSS, dan JavaScript dapat membantu Anda memastikan situs web Anda diatur dengan cara yang ramah bot.

Meskipun pakar SEO tidak harus sepenuhnya menjadi pengembang, memiliki pemahaman tentang kode dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah dengan rendering, pengindeksan, dan kemampuan perayapan.

Ada kalanya mengetahui dasar-dasar bagaimana kode dibuat, atau bisa membaca kode yang sudah ada, dapat membantu SEO Anda.

Ini dapat membantu komunikasi Anda dengan pengembang web yang mungkin ada sesuatu yang harus diubah.

Ini dapat membantu Anda menunjukkan peningkatan inkremental pada kinerja situs Anda.

Belajar coding bukanlah prasyarat untuk SEO, tetapi dapat dikatakan bahwa mengetahui dasar-dasar dari ketiga bahasa yang umum digunakan ini akan mempersiapkan Anda dengan baik untuk karier Anda.

Memahami sintaks kode, cara pembentukannya, dan kemampuan untuk melihat bagaimana elemen saling berhubungan juga dapat membantu Anda menjadi lebih baik dalam menulis dan men-debug skema.

Mempelajari Python dan SQL juga dapat membantu Anda merampingkan proses SEO dengan memungkinkan Anda mengotomatiskan aktivitas padat karya seperti pemetaan pengalihan URL dan riset kata kunci.

3. Memahami Manajemen Server

Tidak ada profesional SEO yang benar-benar bertanggung jawab untuk memastikan bahwa server dapat menangani beban pengunjung ke situs.

Namun, memahami dasar-dasar bagaimana server dapat memengaruhi kemampuan perayapan, kecepatan Loading data, dan keandalan situs web dapat mendorong pemahaman SEO teknis Anda ke depan.

Penggunaan CDN sebagai pengganti server statis dapat membantu mempercepat pemuatan konten, tetapi tanpa memahami batasan server lokasi tetap, akan sulit bagi Anda untuk memperdebatkan perlunya CDN.

Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana hosting web dapat memengaruhi pengalaman pengguna di situs Anda dan juga kemampuan Google untuk mengaksesnya, diperlukan untuk fondasi SEO teknis yang kuat.

Anda perlu memahami bagaimana aspek seperti waktu aktif dan lokasi dapat memengaruhi kinerja situs Anda di mesin pencari.

Ini hanyalah permulaan bagaimana pengetahuan tentang server dapat membantu upaya SEO Anda.

Pengetahuan yang lebih baik tentang kode server di luar standar 404 dan 301 dapat membantu Anda berkomunikasi dengan mereka yang bertanggung jawab atas server Anda jika ada masalah kritis.

Tahu apa itu kesalahan 502?

Menemukan kode status 504 sebelumnya?

Jika tidak, ini mungkin area yang cepat dan mudah bagi Anda untuk memoles pengetahuan Anda.

Status 5XX biasanya berarti ada sesuatu yang salah dengan server yang mencegah pemrosesan permintaan dari klien.

Cara sederhana untuk mengetahui apa arti kode status adalah dengan melihat httpstatuses.com.

Dari sini, Anda dapat mengidentifikasi apakah itu masalah klien atau server dan melakukan perbaikan.

4. Penulisan Konten

Memahami proses penulisan konten adalah elemen penting dari SEO tingkat lanjut. Anda sendiri mungkin bukan ahli dalam penulisan.

Namun, agar Anda dapat memberikan pengarahan yang lebih baik dalam copywriting untuk rekan-rekan Anda, Anda perlu memahami apa yang menjadi bagian dari sebuah tulisan yang baik.

Tidaklah cukup untuk mengetahui bahwa salinan harus menarik dan memiliki relevansi yang cukup untuk istilah pencarian yang digunakan untuk ditemukan di mesin pencarian.

Kenali proses yang dilalui copywriter / Penulisa Anda dalam meneliti, menulis, dan mengedit karya mereka.

Ini akan membantu Anda untuk lebih memahami permintaan klien anda terhadap diri anda.

Mengedit

Mengedit adalah keterampilan lain yang baik untuk dikembangkan saat bekerja dengan konten.

Di banyak organisasi, adalah tugas spesialis SEO untuk mengambil konten yang dibuat oleh orang lain dan mengoptimalkannya lebih lanjut untuk mesin pencari.

Dalam praktiknya, sayangnya hal ini sering mengakibatkan kontent yang ditulis dengan baik tidak baik merangking di mesin pencarian.

Menambahkan kata kunci ke dalam beberapa paragraf pertama untuk membuatnya lebih kaya kata kunci mungkin sedikit membantu Anda dengan peringkat Anda, tetapi itu bisa menghancurkan konversi dan loyalitas merek Anda.

Pelajari cara mengambil kontent yang ditulis dengan baik dan menyempurnakannya, bukan merusaknya.

Anda juga dapat mengambil manfaat dari melakukan satu atau dua percakapan dengan copywriter SEO Anda dan menanyakan detail proses mereka.

Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mereka melakukan copywriting dapat meningkatkan kemampuan Anda. Itu juga bisa merampingkan proses Anda saat bekerja bersama.

5. Report atau Pelaporan

Mampu mengomunikasikan kemajuan, hasil, dan alasan Anda dengan ahli di balik pekerjaan SEO Anda sangat penting untuk menjadi sukses di industri ini.

Sebagai pakar SEO, Anda selalu menyesuaikan kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan, baik Anda bekerja di perusahaan, di sisi agensi, atau kerja lepas (freelance).

Anda akan mendapatkan dukungan dan anggaran jauh lebih mudah jika Anda tahu bagaimana menunjukkan dampak dari pekerjaan yang Anda lakukan.

Pelaporan bukan hanya kasus menambahkan label ke grafik atau bahkan mencatat penyebab kenaikan dan penurunan.

Laporan SEO yang benar-benar baik memungkinkan pembaca untuk memahami konteks hasil, menarik kesimpulan, dan membuat keputusan bisnis darinya.

Profesional SEO harus benar-benar pandai membantu pemangku kepentingan memahami prioritas dan batasan pekerjaan yang mereka rekomendasikan (serta kesalahan yang harus dihindari saat melaporkan).

Mereka juga perlu membantu pihak yang berkepentingan mengenali bagaimana pekerjaan itu akan menguntungkan mereka melalui visualisasi data dan tujuan mereka dalam jangka panjang.

Semua ini dapat dicapai melalui laporan yang disusun dengan baik, jelas, dan jujur.

6. Perkiraan SEO

Mirip dengan kebutuhan untuk menjadi ahli dalam menjelaskan hasil masa lalu, SEO Expert perlu mengembangkan kemampuan untuk menghitung kemungkinan hasil kedepannya.

Peramalan SEO adalah ilmu yang rumit.

Ada banyak faktor eksternal yang sulit diisolasi dan diprediksi.

Perubahan dalam persaingan, pasar, atau situasi politik semuanya dapat menyebabkan perkiraan yang dipikirkan dengan matang menjadi serba salah.

Kita tidak boleh memaksakan diri untuk secara akurat memprediksi volume lalu lintas yang tepat, atau visibilitas, yang mungkin diperoleh di pekerjaan kita.

Namun, dapat menempatkan perkiraan yang masuk akal dan kemungkinan rentang ke dalam rekomendasi dapat membuat pemegang anggaran jauh lebih yakin dengan pekerjaan yang anda usulkan.

Tidaklah cukup untuk mengangkat bahu dan menyilangkan jari ketika ditanya tentang hasil.

Saya sering meminta banyak waktu, uang, dan sumber daya untuk kegiatan yang direkomendasikan.

Peramalan SEO adalah keterampilan yang tidak hanya membedakan Anda ketika mencari peran atau peluang baru, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kualitas dan keandalan pekerjaan Anda.

7. Analisis File Log

Analisis file log adalah proses memahami catatan tentang siapa atau siapa yang telah mengakses situs web Anda.

Mereka dapat memberi tahu Anda ketika orang telah mengunjungi halaman serta perangkat apa yang mereka gunakan untuk mengaksesnya.

Dengan Log juga dapat memberi tahu Anda saat bot mengakses situs web Anda.

Ini sangat membantu dalam memahami Googlebot dan perilaku perayap mesin pencarian lainnya di situs Anda.

Dengan menganalisis file log, Anda dapat lebih memahami halaman apa yang dapat atau tidak dapat diakses oleh bot mesin pencari.

Anda dapat mengidentifikasi di mana mungkin ada perangkap laba-laba di situs Anda atau frekuensi di mana bagian tertentu dari situs Anda dirayapi.

File log Tampak menakutkan jika Anda tidak menghabiskan banyak waktu di sekitarnya.

Untungnya ada beberapa alat hebat yang tersedia yang membuat menganalisisnya jauh lebih sederhana daripada hanya mengarungi file log telanjang.

Memahami apa yang harus dilakukan dengan informasi setelah Anda memilikinya adalah keterampilan yang sebenarnya. Jika Anda mengetahui bahwa area tertentu di situs Anda jarang dirayapi oleh Google, hal itu seharusnya menginformasikan langkah teknis SEO Anda selanjutnya.

Ini akan menimbulkan pertanyaan tentang struktur tautan internal Anda.

Mengenal file log adalah langkah pertama yang bagus, tetapi untuk meningkatkan keterampilan Anda, pastikan Anda menganalisis file dan menarik kesimpulan yang dapat ditindaklanjuti darinya.

8. Migrasi Situs Web

Menjadi ahli dalam merencanakan dan melaksanakan migrasi situs web tidaklah mudah. Itu benar-benar membutuhkan pengalaman.

Banyak profesional SEO yang telah bekerja secara eksklusif di sisi merek mungkin mendapati bahwa mereka tidak memiliki kesempatan untuk melakukan banyak migrasi situs web.

Jika Anda menghadapi yang sangat rumit, seperti penggabungan beberapa situs web, itu bisa sangat menakutkan.

Kemungkinannya adalah jika Anda telah menghabiskan waktu lama di agensi SEO, Anda akan memigrasikan satu atau dua situs web.

Ini mungkin merupakan proses yang mulus tetapi kemungkinan besar ada komplikasi tak terduga yang membuat waktu pemrosesan dan sumber daya memakan waktu.

Sebenarnya tidak hanya satu atau dua keterampilan yang terlibat dalam migrasi situs web.

Mereka biasanya merupakan campuran rumit dari manajemen pemangku kepentingan, komunikasi, perencanaan, penggerak proses, pemahaman teknis, dan mengetahui kapan harus mengatakan tidak.

Tetapi keterampilan yang Anda kembangkan selama migrasi situs web akan sangat membantu Anda dengan sisa karir SEO Anda.

Berpartisipasi dalam satu jika Anda mendapatkan kesempatan.

Ini dapat memberi Anda peluang besar (walaupun bertekanan tinggi) untuk melihat beberapa bagian SEO yang bergerak sekaligus.

9. Mengoptimalkan Untuk Mesin Pencari Lainnya

Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan keterampilan SEO Anda, Anda mungkin ingin melihat lebih jauh daripada Google.

Kita sering jatuh ke dalam perangkap pemikiran hanya tentang mesin pencari tradisional ketika membahas keterampilan SEO.

Jika kita membatasi pelatihan dan pengalaman kita hanya untuk ini maka kita bisa kehilangan kesempatan yang jauh lebih besar.

Situs Web Internasional Tradisional

Banyak mesin pencari bekerja dengan prinsip yang sama, tetapi dengan nuansa khusus mereka sendiri.

Mesin pencari tradisional yang lebih umum di luar wilayah asal Anda mungkin asing bagi Anda.

Ada beberapa sumber daya hebat yang tersedia untuk membantu Anda mulai memahami perbedaan di antara mereka dan mesin telusur yang lebih Anda kenal untuk dioptimalkan.

Jika Anda ingin mempertajam pengetahuan dan pemahaman Anda tentang mesin pencari asing, maka Anda perlu mencoba memberi peringkat situs di dalamnya dan melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Youtube

Untuk mesin pencari seperti YouTube, mekanismenya mungkin lebih familiar bagi Anda.

Namun, Anda masih perlu mempelajari lebih lanjut tentang algoritme yang dimainkan untuk memastikan Anda melakukan aktivitas yang tepat guna mengoptimalkan konten video Anda untuk platform.

Mesin Pencari Non-Tradisional Lainnya

Jangan hanya berhenti di YouTube jika Anda benar-benar ingin meningkatkan keahlian SEO Anda.

Lihatlah beberapa mesin pencari lainnya, seperti Pinterest dan TripAdvisor.

Situs-situs ini mungkin tidak sesuai dengan tugas Anda saat ini sebagai ahli SEO.

Namun mereka tetap merupakan mesin pencari tempat Anda dapat memengaruhi keberhasilan konten Anda.

10. SEO Internasional

Salah satu proyek paling rumit yang mungkin melibatkan SEO biasanya mencakup elemen internasional. Ini adalah tugas yang rumit karena ada banyak faktor yang berperan.

Untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk audiens internasional, Anda perlu menggunakan SEO teknis, PR digital, dan keterampilan pengoptimalan di halaman.

Akan ada berbagai pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri ketika Anda mempertimbangkan untuk memperluas situs web ke audiens internasional.

Ini akan mencakup pertanyaan seputar struktur situs – situs terpisah, sub-folder, atau sub-direktori?

Apakah Anda ingin menerjemahkan atau melokalkan konten? Apakah Anda ingin menargetkan geografi di tingkat situs atau halaman?

Ada banyak strategi dan pengetahuan teknis yang diperlukan untuk mendapatkan SEO internasional yang benar.

Anda mungkin juga memerlukan keterampilan bahasa tertentu atau sumber pengetahuan lokal.

Google telah membantu menciptakan pengantar untuk mengelola situs web multi-wilayah. Ini adalah tempat yang baik untuk mulai mengidentifikasi jenis pertanyaan yang harus Anda tanyakan.

Anda juga dapat menggunakannya sebagai titik awal untuk pelatihan atau penelitian lebih lanjut.

Ini dapat membantu memperdalam pengetahuan Anda tentang subjek dan mempertajam keterampilan Anda.

Kesimpulan

Ini hanya beberapa keterampilan yang dapat Anda kembangkan untuk menjadi profesional SEO yang lebih pragmatis.

Bahkan jika Anda tidak ingin mempelajari semuanya, ada baiknya untuk memiliki pemahaman tentang semua yang berkaitan dengan SEO.

Terlebih lagi, bagaimana membantu melengkapi keahlian Anda sebagai ahli SEO.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *