apa itu metaverse
apa itu metaverse kredit by seekingalpha.com

3 Contoh Apa itu Metaverse?

Posted on

Apa itu Metaverse?  Hi pengunjung blog adriyan.web.id, kali ini kita akan berbicara tentang satu kata atau mungkin istilah yang mungkin sudah lebih dari sepuluh kali Anda dengar dalam beberapa hari terakhir, terutama jika Anda aktif di media sosial, tertarik untuk mengikuti perkembangan tren teknologi terkini tentang Apa Itu METAVERSE.

Saya Selalu bersemangat jika membicarakan sesuatu tentang teknologi yang bisa anda ketahui, Dan Saya Juga Merasa ada beberapa teknologi yang bisa mengakibatkan ganguan pada dunia normal kalian, tetapi mari kita lihat bagaimana hal itu hadir bagi kita semua.

Awal mual pembicaraan tentang metaverse ini dimulai ketika Facebook mengumumkan bahwa mereka mengubah nama perusahaan Facebook berganti menjadi Meta tapi aplikasi sosial media itu tetap bernama facebook. Sejujurnya, Bagi sebagian orang itu sangat mengejutkan tapi bagi sebagian orang mengatakan Facebook hanya ingin mengubah citra nya yang selama ini buruk terhadap privacy terhadap usernya.

Bisa dikatakan, metaverse adalah sesuatu yang akan mengubah cara kita menjalani hidup kita dan sejujurnya, pada titik ini, kita tidak tahu apakah itu akan menjadi hal yang baik atau buruk. Jadi, selain metaverse yang menjadi topik pembicaraan secara harfiah di mana-mana mulai dari tempat kerja, rumah, meme dan banyak lagi, metaverse adalah sesuatu yang serius dan super virtual.

Sesuatu yang tidak mengharuskan Anda meninggalkan rumah tetapi entitas virtual Anda seperti menghadiri rapat, pergi ke berbagai tempat, dan melakukan berbagai hal bahkan tanpa Anda meninggalkan tempat itu sama sekali. Kedengarannya menarik sekarang, bagi saya itu sangat juga menakutkan – bahwa teknologi berkembang begitu cepat, avatar sekarang akan menjadi hal yang biasa saja.

“Kami percaya metaverse akan menjadi penerus internet mobile, kita akan bisa merasa hadir, seakan kita berada di sana bersama orang-orang tak peduli seberapa jauh jarak sesungguhnya,” kata Zuckerberg.

menurut Google, definisi dasar dari metaverse adalah bahwa itu adalah hipotesis iterasi internet yang mendukung lingkungan virtual 3-D online yang persisten melalui komputasi pribadi konvensional, serta headset virtual dan augmented reality.

Anda dapat mengakses metaverse melalui semua jenis gadget pintar / digital seperti jam tangan pintar dan teknologi wearable lainnya seperti kacamata pintar, ponsel pintar, laptop dll. Anda dapat bekerja dan berolahraga juga, Anda dapat bersosialisasi, berbelanja, dan melakukan segala macam kesenangan lainnya.

simak juga : 7 List Download Game House PC, Paling Populer!

Metaverse sendiri sebenarnya bukanlah istilah baru dalam dunia teknologi dan sains. Ia juga bukanlah konsep yang mudah untuk dijelaskan.

Baca Juga :   Cara Mudah Membersihkan Cache DNS di WIndows

Dikutip dari New York Post, mendefinisikan metaverse sebagai sesuatu yang luas, namun umumnya mengacu pada lingkungan dunia maya bersama, yang bisa diakses orang melalui internet. Istilah ini bisa merujuk pada ruang digital yang dibuat lebih hidup dengan penggunaan virtual reality (VR) atau augmented reality (AR).

Beberapa orang juga menggunakan istilah metaverse untuk menggambarkan dunia gaming, di mana pengguna bisa memiliki karakter yang bisa berjalan-jalan dan berinteraksi dengan pemain lain. wow menakjubkan bukan.

Sementara itu menurut The Guardian, metaverse adalah tempat di mana dunia fisik dan digital bersatu. Metaverse merupakan ruang di mana representasi digital dari seseorang atau avatar, berinteraksi dengan bekerja dan bermain, melakukan pertemuan di kantor mereka, pergi ke konser atau mencoba baju.

Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook yang sekarang sudah berganti nama menjadi Meta, mengungkapkan bahwa istilah “meta” berasal dari kata Yunani yang dalam bahasa Inggris berarti “beyond” atau “melampaui.”

Zuckerberg mengatakan, dengan metaverse, seseorang bisa melakukan hampir semua hal yang bisa dibayangkan seperti berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, hingga berkreasi. “Serta pengalaman yang benar-benar baru yang tidak sesuai dengan cara yang kita pikirkan mengenai komputer atau telepon hari ini,” katanya.

“Di masa depan ini, Anda akan bisa berteleportasi secara instan sebagai hologram untuk berada di kantor tanpa bepergian, di konser dengan teman, atau di ruang tamu orangtua Anda untuk bertemu,” kata Zuckerberg.

Sekarang mari kita lihat beberapa contoh metaverse untuk memahami cara kerjanya!

GAMING & METAVERSE

gaming dan metaverse

Jika Anda menyukai game atau mengenal seseorang, Anda akan tahu bahwa ada banyak permainan interaktif yang tersedia untuk dimainkan oleh para pemain seperti Fortnite, Minecraft, Second Life, Roblox, dll. Permainan ini memungkinkan orang-orang untuk berinteraksi serta berkolaborasi dan menghadiri acara online yang melibatkan uang dan kehidupan nyata untuk membeli barang virtual dan layanan berbayar. Jadi, jika Anda mengetahui game semacam itu, kemungkinan Anda sudah familiar dengan konsep metaverse.

TV & METAVERSE

tv dan metaverse

Ingatlah apa pun jenis teknologi yang ditingkatkan atau diperkenalkan ke dunia, informasinya akan digunakan untuk membuat konten untuk layar TV dan bioskop. Anda pasti telah melihat banyak film di Netflix dll. yang memiliki karakter atau entitas yang muncul sebagai sesuatu yang lebih dari sekadar 3D dan contohnya seseorang yang menciptakan dunia realitas virtual dan menyembunyikan kunci kekayaannya di dalamnya untuk ditemukan oleh pemain setelah kematiannya.

Baca Juga :   7 Cara Mudah Mengetik Dengan Suara Menggunakan Google Drive, Ngetik 10 Jari lewat Gan

HORIZON & METAVERSE FACEBOOK

horizon dan facebook

Horizon akan menjadi dunia di mana orang-orang dapat bersosialisasi dan bermain Game secara bersamaan. Ada area tersendiri tempat orang bertemu dan area sendiri untuk bersama bermain game.

Setiap orang akan membuat sebuah karakter kartun yang disebut avatar sebelum bisa masuk Horizon. Selain itu, setiap orang juga bisa membentuk dan membangun sendiri suatu objek untuk diletakkan dalam Horizon dengan fitur World Builder.

Selain itu, pemain dapat memanggil orang-orang khusus sebagai pembimbing pemain menavigasi dan memfamiliarisasi dunia Horizon.

“Horizon akan memastikan lingkungan yang baik dengan berbagai fitur keamanan dan pembimbing, bernama Horizon Locals, untuk menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan semana dibutuhkan,” tulis Facebook dalam Oculus Blog.

BBC menambahkan, tema Horizon yang kartun dibuat agar bisa kompatibel dengan headset VR Oculus Quest milik Facebook. Quest tidak memiliki kemampuan untuk memproses grafik resolusi tinggi.

Peminat dapat mendaftar untuk menjajal versi beta Horizon melalui situs Oculus.

Horizon bukanlah yang pertama menjadi dunia VR. Tahun 2017 lalu sebuah dunia VR bernama VRChat rilis. VRChat juga memiliki fitur yang sama seperti Horizon, yaitu setiap orang bisa bermain dan bersosialisasi bersama dalam suatu lobby. VRChat tersedia gratis di Steam.

Bersamaan dengan dibuatnya Horizon, Facebook juga akan menghentikan layanan Facebook Spaces dan Oculus Room pada 25 Oktober mendatang. Facebook mengatakan pihaknya akan berfokus pada Horizon agar bisa rilis tahun 2020.

IMVU & METAVERSE

IMVU social media metaverse

IMVU adalah metaverse + situs jejaring sosial online di mana dunia virtual, tetapi rasanya sangat nyata, mulai dari bermain game hingga berbicara dengan orang dan berinteraksi dengan mereka secara pribadi.

IMVU ini sudah ada juga komunitasnya di indonesia, dan juga sangat banyak yang menggunakannya. selain jual beli karakter dan kredit di IMVU

IMVU didirikan pada tahun 2004 dan awalnya didukung oleh investor ventura Menlo Ventures , AllegisCyber ​​Capital, Bridgescale Partners, dan Best Buy Capital. Anggota IMVU menggunakan avatar 3D untuk bertemu orang baru, mengobrol, membuat, dan bermain game. Pada tahun 2014, IMVU memiliki sekitar enam juta pemain aktif, dan memiliki katalog barang virtual terbesar lebih dari 6 juta item pada 2011. Bisnis ini sebelumnya berlokasi di Mountain View, California .

IMVU memiliki ekonominya sendiri dengan sistem mata uang berdasarkan ” kredit ” IMVU dan “kredit promo”. Bentuk mata uang ketiga juga ada untuk pembuat, yang dikenal sebagai “token pengembang”, yang diperoleh saat pengguna membeli item dengan “kredit promo”. Kredit dapat dibeli secara online menggunakan mata uang aktual langsung dari IMVU. Kredit juga dapat diperoleh melalui kartu hadiah IMVU yang tersedia dari gerai ritel.

Baca Juga :   record Screen Desktop with ffmpeg

Kredit promosi, disingkat “predits”, adalah bentuk mata uang kedua yang didistribusikan kepada anggota oleh IMVU dan dapat diperoleh dengan berpartisipasi dalam berbagai promosi “Mitra” dan beberapa aktivitas yang disediakan IMVU. Sehubungan dengan standar gratis atau anggota penuh, kredit promo mirip dengan kredit standar.

Jumlah kredit tertentu sama, kredit promo tidak dapat digunakan untuk membeli barang sebagai hadiah untuk anggota lain dan tidak dapat ditukarkan kembali ke penjual ulang IMVU dengan mata uang sebenarnya. Kredit promo yang digunakan untuk membeli produk virtual ditukarkan menjadi “token pengembang”, juga dikenal sebagai “token dev”. Pembelian tersebut mentransfer kredit-promo ke dalam token pengembang tetapi mendapatkan satu token pengembang tunggal per pembelian ketika kredit-promo digunakan terlepas dari harga produk yang dibeli.

Dampak Buruk Metaverse

Jika kita membicarakan tentang kelebihan sebuah metaverse maka ada dampak buruk terhadap metaverse itu sendiri, Seperti yang diungkapkan Roger McNamee, salah satu investor awal Facebook. “Itu adalah ide buruk dan fakta bahwa kita semua hanya duduk dan menyaksikannya seolah itu normal harus diwaspadai setiap orang,” cetusnya, dikutip dari BBC.

Menurutnya, Facebook tidak seharusnya dibiarkan menciptakan dunia distopia metaverse, apalagi dengan track record mereka yang meragukan, misalnya soal privasi dan penyebaran hoax. Roger juga menyangsikan metaverse akan aman di tangan Mark Zuckerberg. “Tidak seharusnya regulator atau pembuat kebijakan mengizinkan Facebook untuk mengoperasikan metaverse atau mata uang kripto,” kritiknya.

“Facebook seharusnya tidak berhak lagi membuat pilihan sendiri. Regulator harus ada di sana untuk memberi persetujuan akan semua yang mereka lakukan. Jumlah kerusakan yang mereka lakukan tidak terhitung,” tandasnya dikutip dari detikinet.com

Apakah Kalian sudah mengerti dengan apa itu metaverse? Jika belum silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah, biar kita diskusi lebih dalam lagi. Terima Kasih Sudah menyimak tentang apa Itu Metaverse. salam adriyan.web.id.

Gravatar Image
Perkenalkan, Saya Biasa di Sapa ADRI, Sehari2 Saya Berkuli di Komputer dengan Akses Internet 24 Jam Sehari Semalam (Tapi Tidak Selalu Online 24 Jam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.