Pemimpin seperti apa yang anda ikuti?

Saat pemimpin tersebut memutuskan (baik secara sadar atau tidak) untuk mengikuti kepemimpinan nya, keputusan itu terutama karena satu atau dua hal berikut:karakter pemimpinnya atau kemampuan nya.

Seorang pemimpin yang luar biasa, harus mampu meningkatkan kemampuan dirinya untuk memuliakan orang-orang yang dipimpinnya. Dia menafkahkan lebih banyak pemikiran dan segenap kemampuannya. Dia bekerja lebih keras dan berpikir lebih kuat, lebih lama, dan lebih mendalam dibanding orang yang dipimpinnya. Bukan sebaliknya, pemimpin yang selalu ingin dilayani, selalu ingin mendapatkan dan mengambil sesuatu dari orang-orang yang dipimpinnya.

Read More

Tentu ada banyak pertimbangan, untuk mengetahui macam-macam karakter pemimpin yang membuat orang lain mengikuti kepemimpinan. Berikut adalah kepemimpinan yang menurut saya yang pantas diikuti, jika anda tidak menemukan poin di bawah ini pada pimpinan anda bahkan sebaliknya, saya rasa lebih baik tinggalkan saja perusahaan anda tersebut, daripada anda makan hati.

1–Integritas.
Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikatakan akan dilakukan. Integritas membuat pemimpina dipercaya. Integritas membuat orang lain mengandalkan pemimpin. Integritas adalah penepatan janji-janji pimpinan. Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti pimpinan adalah bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa pimpinan akan membawa mereka menuju ke tujuan yang pimpinan janjikan. Apakah pimpinan yang dikenal sebagai seseorang yang mempunyai integritas? Bila ya, maka pimpinan perusahaan anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

2–Optimisme.
Takkan ada orang yang mau mengikuti pimpinan bila memandang suram masa depan. Mereka hanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada mereka bahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik, dan mereka dapat mencapai tempat itu. Apakah pimpinan anda melihat gelas itu separuh kosong? Bila ya, pemimpin anda adalah seorang pesimis. Apakah pemimpina anda melihat gelas itu separuh berisi? Bila ya, pemimpin anda adalah seorang optimis. Apakah pimpinan anda melihatnya sebagai segelas penuh; yaitu separuh berisi air dan separuh lagi berisi udara? Maka pimpinan anda adalah seorang yang super optimis. Apakah pimpinan anda dikenal sebagai seorang yang optimis? Bila ya, pimpinan anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

3–Menyukai perubahan.
Pemimpin adalah mereka yang melihat adanya kebutuhan akan perubahan, bahkan mereka bersedia untuk memicu perubahan itu. Sedangkan pengikut lebih suka untuk tinggal di tempat mereka sendiri. Pemimpin melihat adanya kebaikan di balik perubahan dan mengkomunikasikannya dengan para pengikut mereka. Jika pimpinan tidak berubah, perusahaan takkan tumbuh. Apakah pimpinan anda dikenal sebagai seseorang yang memicu perubahan? Jika ya, pimpinan anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

4–Berani menghadapi resiko.
Kapan pun kita mencoba sesuatu yang baru, kita mengambil resiko. Keberanian untuk mengambil resiko adalah bagian dari pertumbuhan yang teramat penting. Kebanyak orang menghindari resiko. Karena itu, mereka bukan pemimpin. Para pemimpin menghitung resiko dan keuntungan yang ada di balik resiko. Mereka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esok yang lebih baik. Apakah pimpinan anda dikenal sebagai seorang yang berani mengambil resiko? Jika ya, pimpinan anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

5–Ulet.
Kecenderungan dari pengikut adalah mereka menyerah saat sesuatunya menjadi sulit. Ketika mereka mencoba untuk yang ke dua atau ke tiga kalinya dan gagal, mereka lalu mencanangkan motto, “Jika anda gagal di langkah pertama, sudahlah menyerahlah dan lakukan sesuatu yang lain.” Jelas saja mereka melakukan itu, karena mereka bukan pemimpin. Para pemimpin itu tahu apa yang ada di balik tembok batu, dan mereka akan selalu berusaha menggapainya. Lalu mereka mengajak orang lain untuk terus berusaha. Apakah pimpinan anda dikenal sebagai seseorang yang ulet, tangguh, dan berdaya tahan tinggi? Jika ya, pimpinan anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

6–Katalistis.
Seorang pemimpin adalah seseorang yang secara luar biasa mampu menggerakkan orang lain untuk melangkah. Mereka bisa mengajak orang lain keluar dari zone kenyamanan dan bergerak menuju tujuan mereka. Mereka mampu membangkitkan gairah, antusiasme, dan tindakan dari para pengikut. Apakah pimpinan anda dikenal sebagai seseorang yang mampu menggerakkan orang lain? Jika ya, pimpinan anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

7–Berdedikasi/komit.
Para pengikut menginginkan seseorang yang lebih mencurahkan perhatian dan komit ketimbang diri mereka sendiri. Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi karena mereka melihat betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Apakah pimpinan anda dikenal sebagai seseorang yang komit dan senantiasa mencurahkan perhatian pada tujuan? Jika ya, pimpinan anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Jika Anda melihat karakter diatas dan tidak ada satupun yang dimiliki pimpinan perusahaan anda silahkan tinggalkan perusahaan tersebut karena itu akan membuat anda teraniaya.

Bahan ini bersumber dari http://adeasti.blogspot.com dan salah satu yang saya rasakan pada saat sekarang ini di sebuah perusahaan tempat bekerja. Semoga Badai Ini Cepat Berlalu dan Pergantian Pimpinan Segera di diMulai. (Do`a dan Harapanku).

Related posts