2 Cara Mengubah atau disable MYSQL Mode strict

finish |

Strict mode berfungsi untuk mengontrol kesalahan (invalid/missing value) yang terjadi pada perubahan data seperti insert, update atau create tabel. Banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya kesalahan, seperti tipe data pada kolom yang salah atau keluar dari range. Kesalahan dari MySQL STrickt Mode membuat developer geram, karena ketika di cek pada script, tidak ada pesan error yang muncul. Tetapi saat dijalankan, Sistem berfungsi tidak baik. Cara mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi adalah dengan melakukan disable MySQL Strict Mode. Perlu diingat, bahwa disable MySQL Strict Mode hanya dapat dilakukan di VPS ya.Pertama, Coba cek mode MYSQL yang berjalan dengan cara :

$ mysql -u root -p -e "SHOW VARIABLES LIKE 'sql_mode';"

Anda harus mengganti root dengan nama pengguna apa pun yang memiliki izin ROOT di server Anda (tetapi, biasanya hanya root). Anda juga akan dimintai kata sandi.

Read More

maka akan tampil seperti ini :

sql_mode: ONLY_FULL_GROUP_BY,STRICT_TRANS_TABLES,
NO_ZERO_IN_DATE,NO_ZERO_DATE, ERROR_FOR_DIVISION_BY_ZERO,
NO_AUTO_CREATE_USER,NO_ENGINE_SUBSTITUTION

Dokumentasi lengkap untuk mengatur mode MySQL tersedia di halaman Mode SQL Server di Dokumentasi MySQL. Penjelasan tentang semua mode juga tersedia di halaman itu.

1. Untuk Menonaktifkan Mode Strict melalui SQL:

Anda dapat menonaktifkan mode Strict di server MySQL Anda dengan menjalankan perintah berikut :

$ mysql -u root -p -e "SET GLOBAL sql_mode = 'NO_ENGINE_SUBSTITUTION';"

Input password root mysql anda, setelah itu untuk memastikan sudah tidak berjalan mode strict silahkan cek dengan commadn line ini :

$ mysql -u root -p -e "SELECT @@GLOBAL.sql_mode;"

2. Cara Kedua dengan cara edit my.cnf di mysql

Silahkan anda cari setting MYSQL di my.cng biasanya berada di lokasi /etc/my.cnf atau /etc/mysql/my.cnf, ketikkan nano /etc/my.cnf atau nano /etc/mysql/my.cnf.

ubahlah sql_mode seperti dibawah ini :

sql_mode=NO_ENGINE_SUBSTITUTION,STRICT_TRANS_TABLES

Jika sudah selesai silahkan restart mysql anda.

Related posts