Cara mengatur akun contributor wordpress bisa mengupload gambar

by -49 views

Engine wordpress mendukung website dengan multi author atau banyak penulis dalam satu blog wordpress, Role atau peran yang ada meliputi administrator, editor, author (Penulis), contributor dan Subcriber (Pelanggan).

Tapi sayang jika admin memberikan hak akses contributor tidak bisa upload gambar di postingannya. Tidak mungkin admin memberikan hak akses sebagai author (penulis) karena akan langsung bisa publish berita/tulisan langsung tanpa di review dulu oleh admin.

untuk mengakali cara ini ada dua cara yang bisa kita lakukan :

Pertama dengan Plugin, cukup install plugin User Role Editor di halaman plugin.

Kedua dengan cara dibawah ini :

Cara mengatur agar contributor (kontributor) bisa mengupload foto/gambar tanpa menggunakan plugin adalah sebagai berikut:

1. Buka halaman dashboard website kalian.

2. Buka menu Tampilan, kemudian buka sub menu Penyunting. (Silakan disesuaikan jika dashboard kalian menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia).

3. Buka functions.php (Fungsi tema) kemudian tambahkan kode dibawah ini :

if (current_user_can(‘contributor’) && !current_user_can(‘upload_files’) )
add_action(‘admin_init’, ‘muhrid’);

function muhrid() {
$contributor = get_role(‘contributor’);
$contributor->add_cap(‘upload_files’);
}

4. Simpan dan silakan coba membuat postingan menggunakan akun dengan hak akses kontributor. Jika langkah yang kalian lakukan benar, maka akun kontributor sudah bisa mengupload file/gambar pada halaman editor artikel.

Sekian yang bisa saya bagikan. Jika ada kendala/kebingungan, silakan tanyakan via kolom komentar di bawah atau cari kontak saya yang lain pada halaman Kontak. Terima Kasih