5 Cara Screenshot atau Screen Capture Layar di MacBook

5 Cara Screenshot atau Screen Capture Layar di MacBook – Bagi anda pengguna Baru di macbook atau pengguna mac OS, pasti bingung gimana cara menggunakan screenshot atau capture layar di macbook, tapi bagi sebagian orang pengguna macbook pasti sudah terbiasa menggunakan nya.

Pada ulasan kali ini ane akan membahas 5 cara screen capture atau screen shot layar macbook dengan mudah, bisa menggunakan bawaan macbook atau menggunakan aplikasi.

Pertama – Cara Sccrenshot atau capture layar di mac Os full layar

Silahkan tekan Tombol SHIFT + COMMAND + 3 Secara Bersamaan, maka semua tangkapan layar anda akan tersimpan di desktop anda.

Kedua – Cara screenshot atau capture layar mac Os dengan Seleksi Bagian tertentu di layar.

Cukup Tekan SHIFT + COMMAND + 4 Secara Bersamaan, maka akan keluar seperti tanda Plus, kemudian anda seleksi bagain yang ingin di sccreenshot. seperti dibawah ini. setelah itu hasil tangkapan layar anda akan tersimpan di desktop.

ketiga – Cara Screenshot atau tangkapan layar pada sebuah jendela atau aplikasi yang sedang terbuka.

Cara ini cukup dengan tekan SHIFT + COMMAND + 4secara bersamaan Kemudian Tekan SPACE  maka bagian jendela atau aplikasi yang terbuka saja yang menjadi biru.

Setelah itu silahkan tekan TAB + COMMAND untuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lainnya.

Keempat- Cara screenshot atau tangkapan layar untuk di salin ke clipboard

Cara Keempat ini banyak digunakan oleh designner atau yang suka edit dengan Photoshop biar tidak rempong hasil tangkapan layarnya tidak perlu diambil di desktop. cukup di paste saja di editor photoshop atau sejenisnya.

cara ini cukup tekanSHIFT + CONTROL + COMMAND + 4 secara bersamaan, maka hasil tangkapan anda tinggal di paste kan saja di photo editor atau sejenisnya.

Kelima – Cara Scrrenshot menggunakan aplikasi.

Cara ini yang sering saya gunakan, karena selain simpel dan gampang digunakan, karena cukup dengan install aplikasinya kemudian bisa screenshot cara diatas dengan mudah. selain itu bisa juga melakukan editing sebelum di simpan hasil screenshotnya.

Sebelum menggunakan nya silahkan download dahulu aplikasinya disini. kemudian lakukan instalasi. ikuti petunjuk setelah instalasi. seperti dibawah ini.

cara screenshot

Pilih Preferences kemudian tampil seperti dibawah ini, silahkan setting sesuai keinginan

5 Cara Screenshot atau Screen Capture Layar di MacBook

Itulah 5 cara screenshot di mackbook produk apple, sewaktu saya menggunakan perintah ini sudah menggunakan MAC OS Catalina (Versi Terbaru tahun 2020). Jika ini bermanfaat untuk anda silahkan share. Jika tidak mengerti silahkan isi kolom komentar dibawah. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *