Cara Membuat VPS di Google Cloud dan Gratis Kredit $300

Sebelum kita masuk ke cara membuat vps di google cloud dan cara mendapatkan Kredit Gratis $300 Untuk 12 Bulan (1Tahun) Lumayan lah untuk satu tahun dapat server VPS gratis dari Google lagi.

Kita Harus Tahu apa itu Google CLoud? serta layanan yang diberikannnya, Menurut Kamus nya Wikipedia Google cloud platform : adalah rangkaian layanan komputasi awan (Cloud Computing) yang berjalan di infrastruktur yang sama yang digunakan Google secara internal untuk produk pengguna akhir, seperti Google Penelusuran dan YouTube. Bersamaan dengan seperangkat alat manajemen, ia menyediakan serangkaian layanan cloud modular termasuk komputasi(Yang akan Kita Gunakan nantinya), penyimpanan data, Analisis data dan mesin AI (Artificial Inteleigen) Program Kecerdasan Buatan.

Atau Lebih ringkasnya teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Contoh Barang : Google Drive, Dropbox, dan Sejenisnya. Masih Bingung? Silahkan Search aja di Google.

Blog yang anda Baca ini sudah menggunakan Cloud dari Google. Cuma Spesifikasi Yang saya gunakan cukup kecil Memori 1,7 Gb, dengan CPU 1 Core. Hardisk 10Gb. Menggunakan Panel Easyengine denga Mesin NGINX. Baiklah kita lanjutkan tutorial utama kita yakni membuat VPS di Cloud Nya Google :

Begini Cara Mendapatkan Kredit Google CLoud Sebesar $300

  1. Masuk ke dashboardnya Google Cloud Disini akan Tampil Seperti dibawah ini :

  2. Setelah masuk, silahkan Klik Link paling atas Ujicoba Gratis dan Dapatkan Kredit $300 ,

    kemudian Klik Aktifkan. Jika Tidak keluar notif atau Pemberitahuan seperti itu, berarti promosinya udah habis 😀 . Setelah Klik aktifkan keluar Negara Pilihan, pilih saja indonesia (NKRI harga Mati :D) gambar seperti dibawah ini :

  3. Setelah Itu lanjut ke langkah kedua

    yakni Jenis Akun Buat saja Perorangan, nama, alamat dan lainnya. Setelah data pribadi anda di isi bagian terakhir isilah kartu kredit anda, mulai dari nomor kart kredit anda, tgl Expire serta CVV2. Jika anda Tidak memiliki kartu kredit, saya sarankan langsung ke BANK BTPN langsung ke teller tanya ngurus Kartu Jenius silahkan googling aja cara mengurus Kartu jenius, Contoh gambar tampilan

  4. Jadi Jika data anda benar

    , dipastikan langsung dapat kredit iklan sebesar $300 di billing akun anda seperti dibawah ini :

  5. Pilih Compute Engine –> Pilih VM instances Untuk Membuat VPS

  6. Selanjutnya Create Instance

  7. Create Instance Machine,

    Name : adriyan, Region : asia-southeast1 Server Singapore, ZOne Pilih a,b atau c, Kemudian General Purposenya Buat N1 dengan 1 CPU, Memori 1,7 GB, Boot Disk Debian mage

  8. OS yang saya gunakan Debian 9

    denga hardisk 10GB, Allow http dan Https kemudian create, Untuk Memudahkan silahkan isi bagian warna merah yg saya tandai.

  9. Setelah Berhasil Kita akan masuk ke VPS menggunakan SSH

    bawaan dari G-cloud, jika anda ingin menggunakan SSH pihak ketika wajib create SSH KEY terlebih dahulu supaya bisa diakses dengan Putty atau sejenisnya.

  10. Ini Tampilan Setelah Di akses dengan SSH

  11. Ini Tampilan Info CPU hardwarenya yang kita create diawal tadi.

Itulah cara Membuat VPS dengan Google Cloud dan Mendapatkan Kredit Senilai $300 untuk setahun. Jika anda ingin menggunakan Panel, Saya sarankan gunakan EASYENGINE (Dari saya Membuat Artikel ini saya sudah menggunakan +- 1 Tahun). Untuk Tutorial cara mebuat Panel Dengan EASYENGINE silahkan SImak Artikel ini : Cara Instal EASYENGINE untuk VPS atau Dedicated Server. Jika Tulisan Ini Bermanfaat silahkan share atau berikan Komentar mu dibawah ini. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *