5 Daftar Oleh-oleh Khas Pariaman Ternikmat

Posted on

Adriblog — Ketika Anda berkunjung ke Pariaman, ada banyak cinderamata yang bisa Anda bawa pulang untuk snak saudara dirumah.

Namun, jika Anda ingin membawa oleh-oleh berupa makanan, Anda bisa langsung membelinya ke toko oleh-oleh khas Pariaman di sepanjang sudut kota.

Tidak perlu khawatir soal harga karena dijamin masih terjangkau untuk isi dompet Anda, dilansir dari Minangku.com inilah Daftar makanan Oleh-oleh Khas Pariaman Ternikmat

Roti Randang

Rendang atau randang menjadi makanan khas dari Sumatera Barat yang dikenal kaya akan rempah dan memiliki cita rasa nikmat.

Roti-Randang-Oleh-Oleh-Khas-Padang

Bahkan, makanan ini sudah terkenal hingga luar negeri. Hal inilah yang membuat masyarakat kota Pariaman melakukan inovasi dengan bahan dasar randang yang diolah menjadi roti randang.

Roti yang lembut dicampur dengan randang yang bercita rasa kuat menghasilkan kudapan nikmat untuk sarapan maupun camilan di kala lapar.

Ada pilihan rasa pedas dan tidak pedas agar semua kalangan bisa menikmatinya mulai dari anak kecil hingga para lansia.

Berbeda halnya dengan rendang yang cenderung berminyak, rendang pada roti randang ini dibuat kering (keset) agar memunculkan perpaduan rasa yang pas di mulut.

Campuran dari roti unik ini tidak hanya daging sapi saja tetapi juga menggunakan daging ayam dan tambahan kacang merah. Harga 1 roti randang mulai Rp 6.000,- saja.

Karak Kaliang

Makanan ringan karak kaliang sudah menjadi cemilan wajib bagi masyarakat Pariaman. Bentuknya bulat seperti angka 8, berwarna kuning dan rasanya sangat gurih.

Karak-Kaliang-Khas-Padang

 

Bahan utama karak kaliang adalah singkong kayu yang dibuat menjadi tepung kemudian dicampur bawang putih dan garam. Adonan diuleni hingga merata, lalu digoreng dengan minyak panas.

Baca Juga :   Cara Mudah Download Video Youtube di Android

Oleh-oleh khas Pariaman ini dikemas dengan berbagai macam ukuran mulai dari 100 gram hingga kiloan. Harga paling murahnya hanya Rp 5.000,- dan biasa ditemukan di warung-warung kecil.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, sempatkanlah untuk membeli karak kaliang untuk camilan di rumah atau sebagai pelengkap makan nasi goreng dan bakso.

Kerupuk Jangek

Camilan ringan lainnya yang patut Anda coba di kota Pariaman adalah kerupuk jangek. Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi maupun kerbau dengan cita rasa gurih.

karupuak jangek

Jika di kawasan Tulungagung, Jawa Timur, kerupuk semacam ini dinamakan kerupuk rambak. Biasanya, masyarakat Pariaman mengkonsumsi kerupuk ini sebagai pelengkap makan soto, bakso dan aneka makanan berat lainnya.

Kerupuk Jangek dibuat dalam bentuk yang beragam, mulai dari persegi, kotak memanjang, segitiga dan lainnya.

Bahan pembuatan kerupuk ini hanya terdiri dari kulit kerbau atau sapi, garam dapur dan minyak goreng.

Sebelum kerupuk di goreng pada minyak panas, kulit kerbau atau sapi harus dijemur dan direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan bulu-bulu halus.

Setelah dipastikan bersih, kulit tersebut dipotong menjadi bagian kecil-kecil dan diberi taburan garam secukupnya.

Selanjutnya, kulit dikeringkan di bawah terik matahari kurang lebih 3 hingga 7 hari. Rasa dari kerupuk jangek ini dijamin akan menggoyangkan lidah Anda hingga tidak berhenti untuk mengunyahnya.

Bolu Batik

Jika Anda menginginkan makanan khas Pariaman yang lebih modern, Anda bisa mencoba membeli bolu batik.

bolu-batik-oleh-oleh-khas-kota-padang

Makanan ini tentu saja berupa kue bolu yang lembut dengan motif batik di atas kue tersebut. Setidaknya, Anda bisa memilih 12 motif bolu batik yang berbeda, unik dan tentunya lezat untuk dimakan.

Bagaimana motif batik bisa digambar diatas roti? Motif batik pada kue bolu khas Pariaman ini dibuat dengan skill yang sudah mumpuni dan berpengalaman.

Baca Juga :   7 Armada Rental Mobil Pekanbaru Terbaik dan Termurah

Setiap motif membutuhkan ketelitian dan kesabaran, sehingga tidak sembarang orang bisa menggambar motif batik di atas kue bolu.

Cara membuat batik pada kue bolu adalah menggambar motif menggunakan krim di loyang kue. Permainan warna juga menjadi kunci keindahan motif batik yang dihasilkan.

Setelah itu, gambar motif batik harus didiamkan sebentar, kemudian baru dituangkan adonan bolu. Kue di oven dengan suhu 70 hingga 80 derajat celcius kurang lebih 25 menit.

Karupuak Sanjai

Makanan ringan yang bisa Anda bawa pulang setelah berkunjung ke Pariaman adalah Karupuak Sanjai. Makanan ini seperti keripik atau kerupuk yang terbuat dari singkong.

Karak-Kaliang-Khas-Padang

Terdapat 3 varian rasa yang bisa Anda pilih yakni tawar, asin dan pedas. Disebut sebagai karupuak Sanjai karena karupuak ini diproduksi pertama kali di wilayah Manggis, Sanjai.

Cemilan ini bisa dikonsumsi segala usia, bahkan untuk anak Anda yang masih kecil. Sebab, bahan dan bumbu yang digunakan sangat aman dan terbuat dari rempah asli Pariaman. Harga untuk 100 gram karupuak Sanjai mulai dari Rp 10.000,-.

Demikianlah, 5 daftar oleh-oleh khas Pariaman yang bisa kamu hadiahkan bagi keluarga dan kerabat dekat di rumah maupun kampung halaman. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *